INILAH 5 SIKAP YANG WAJIB DIMILIKI GURU AGAR SISWA MENGHORMATINYA

Selamat Datang Dan Salam Sejahtera KEMENDIKBUDGO.COM- Berikut adalah beberapa sikap yang harus dimiliki oleh seorang guru:

1.  Tegas Berwibawa

Sikap tegas dan berwibawa sangat dibutuhkan seorang guru. Guru adalah seorang pendidik, tidak hanya sebagai penyampai materi saja. Guru menjadikan peserta didik pintar juga harus berkepribadian baik. Dalam bersikap pun guru harus tegas karena jika tidak, akan disepelekan oleh peserta didiknya.

Sebagai contoh dalam berpakaian, guru harus selalu memberi contoh dan menegur peserta didik jika dalam berpakaian tidak rapi atau sesuai dengan aturan sekolah yang berlaku. Berpakaian rapi itu menunjukkan rasa hormat terhadap guru, juga terhadap kegiatan yang berlangsung begitu sebaliknya guru pun harus bersikap demikian. Dalam hal ini adalah kegiatan belajar mengajar.


Seorang guru harus berpakaian rapi ketika mengajar, ini berarti guru menghormati peserta didik yang akan diajarnya. Nah, jika peserta didik dibiarkan tidak berpakaian rapi, berarti mereka juga tidak menghormati gurunya. 

Akhirnya peserta didiklah yang akan mengatur gurunya. Padahal guru adalah sosok yang harus bisa dicontoh, mengarahkan dan memberikan ketegasan jika peserta didik mengikuti perintahnya. Terkadang jika peserta didik dituruti kemauannya terus akan bersikap manja.

Sikap berwibawapun juga penting, meski jangan menjadikan hubungan yang kaku antara guru dan peserta didik. Ketegasan diperlukan ketika membutuhkan suatu kedisiplinan. Wibawa dibutuhkan agar disegani peserta didik. 

Wibawa bukan untuk menjaga jarak antara peserta didik dan guru melainkan apa yang disampaikan guru itu lebih bernilai. Seperti seorang pemimpin juga dibutuhkan kharismatik untuk menjadikannya nilai lebih. Wibawa itu penting agar guru dihormati siswa, sehingga apa yang disampaikan tidak disepelekan.

2.  Memberi Contoh dengan Tindakan

Seorang guru mengajar dengan metode ceramah saja tidaklah cukup. Baik itu dalam menyampaikan materi atau mendidik perilaku peserta didik. Kalau ceramah saja akan sulit diingat, ada yang mengatakan "masuk telinga kanan, keluar telinga kiri". materinya sekadar melewati telinga saja. Bagaimana mungkin sesuatu yang hendak ditanamkan akan membekas dan mempengaruhi kehidupannya nanti.

Sebagai contoh ketika ada sampah yang ada di kelas guru segera mengambil sampah tersebut dan memasukkan ke tempat sampah. Jika belum menemukan tempat sampah maka disimpan di suatu tempat dulu hingga menemukan tempat sampah. 

Sembari itu peserta didik diajak bersama-sama mebersihkan sampah dikelasnya karena merupakan tanggungjawab penghuni kelas tersebut. Harus bertanggungjawab dengan apa yang dipakai, begitupun dengan ruangan kelas. Menjaga kebersihan lingkungan seperti tidak boleh corat-coret di meja atau dinding.

LANJUT BACA HALAMAN 2, DISINI

Belum ada Komentar untuk "INILAH 5 SIKAP YANG WAJIB DIMILIKI GURU AGAR SISWA MENGHORMATINYA"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel