INILAH 5 SIKAP YANG WAJIB DIMILIKI GURU AGAR SISWA MENGHORMATINYA

5.  Memahami Kejiwaan Peserta Didik

Seorang guru ibarat seorang dokter. Untuk mengobati yang sakit, maka deperlukan dokter yang mengerti jenis penyakit yang diderita serta cara-cara mengobatinya. Begitu pula dengan seorang guru, dalam mengobati jiwa anak didiknya, membentuk akhlak yang baik. 

Untuk itu dibutuhkan pendidik yang mengerti akan sifat dasar jiwa manusia, kelemahan dan cara mengobatinya. Ibarat sakit, lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi sebelum diobati hendaknya mencegah terjadinya penyakit. Dalam hal ini adalah akhlak anak didik. Sebelum mereka tumbuh dewasa dengan akhlak yang buruk maka sedini mungkin membentuk akhlak yang baik.

Masa pertumbuhan anak didik adalah waktu yang baik untuk membentuk akhlaknya. Dalam bukunya Didik dan Murtafi'atun (2015:25) mengamati pertumbuhan seorang anak. Ada seorang anak yang terbiasa digendong oleh Ibunya. 

Akibatnya di usia 14 bulan belum bisa jalan. Bahkan untuk merangkak masih belum bisa. Penyebabnya adalah kebiasaan dari pengasuhan yaitu Ibunya jarang mebiarkan anaknya bermain dalam area bebas. Dengan digendong berarti ruang gerak di anak akan terbatas. 

Pemberian ruang yang terbatas bagi anak untuk berekreasi akan menjadikan pertumbuhan kreatifnya terhambat. Dan jika hal ini terus berlangsung bisa jadi anak didik tidak akan memiliki banyak peluang untuk mengembangkan dirinya menjadi yang terbaik. 

Salah satu pemberian ruang yang terbuka bagi anak untuk mengembangkan kreasi belajarnya adalah dengan memberikan fasilitas bermain. Dunia anak adalah bermain. Pemberian waktu bermain yang cukup akan mempengaruhi perkembangan kejiwaan anak. Menurut Dr. Ladle "Permainan mempengaruhi perkembangan jiwa".

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "INILAH 5 SIKAP YANG WAJIB DIMILIKI GURU AGAR SISWA MENGHORMATINYA"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel