Zita Anjani: Anak-anak Sudah Stres, Pemerintah Harus Segera Membuka Kegiatan Belajar-Mengajar

Gurudikbud.my.id_Wakil ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani meminta pemerintah segera membuka Sekolah-Sekolah supaya kegiatan belajar tatap muka bisa dimulai kembali. 

Saat ini otoritas pendidikan dalam hal ini Kementerian Pendidikan belum memberi sinyal untuk memulai kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Zita menegaskan Negara harus menyiapkan dunia yang aman bagi anak-anak. Bukan menggantung bahkan menjauhkannya.


"Anak-anak sudah stres. Perkembangan emosional dan sosialnya terganggu. Saya pendidik, ikatan batin saya dengan anak-anak rasanya sangat kuat. Tidak tahan rasanya lihat mereka tercabut dari dunianya," kata Zita saat dikonfirmasi Senin (1/5/2020).

Baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, kata Zita sama-sama tak memiliki sikap yang tegas mengenai dibukanya kembali Sekolah bagi para peserta didik.

Tak ada rencana yang jelas mengenai hal ini. Menurutnya selain memikirkan sektor ekonomi Pemerintah juga perlu memikirkan nasib pendidikan di tengah pandemi saat ini.

"Situasi tidak pasti. Yang dibutuhkan warga, kejelasan. Tidak seperti sekarang, digantung. Pemerintah tidak punya rencana jelas, jadi macam-macam orang datang bawa rencana. Menteri ini dan menteri itu simpang siur. Wacana desember itu bentuk pesimisme orang sama pemerintah. Jangan hanya ekonomi-ekonomi terus," tambahnya.

Zita yang juga menjadi praktisi pendidikan ini lantas mempertanyakan kesiapan kementerian pendidikan dalam menyiapkan kurikulum belajar online. Selain itu, dia menilai prosedur penyelenggaraan pendidikan new normal masih belum disampaikan.

"Infrastrukturnya perlu, misalnya wastafel yang jumlahnya memadai. Random test per dua minggu. No adult school selain guru, jadi contact tracing makin jelas. Bikin kurikulum online juga yang bisa jadi panduan. Kalau mau diskusi siapa saja ayuk, saya bisa jelaskan dari A sampai Z. Kalau ini siap, besok juga bisa buka Sekolah. Kalau tidak disiapkan, desember juga masih berisiko," tutup Zita.[]

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Zita Anjani: Anak-anak Sudah Stres, Pemerintah Harus Segera Membuka Kegiatan Belajar-Mengajar"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel