Guru ini Rela Jadi Pemulung Demi Membantu Muridnya

Selamat Datang Dan Salam Sejahtera untuk guru-guru semua KEMENDIKBUDGO.COM- Seorang guru di China bernama He Chunyu rela menjadi pemulung untuk membantu membayar uang sekolah bagi murid-muridnya yang kekurangan biaya.

Dia bersama guru lainnya di sebuah sekolah menengah pertama di kota Lingshan, memulung botol plastik bekas, kertas dan barang bekas lainnya untuk dijadikan uang.

Dikutip dari AsiaOne pada Minggu (12/11/2017), atas upayanya He telah berhasil mendonasikan sekitar US$ 3 ribu atau sekitar 40 juta untuk disumbangkan pada lebih dari 300 murid di sekolahnya.

He sendiri merupakan lelaki berusia 44 tahun yang terlahir dari keluarga miskin. Ia kemudian dapat menyelesaikan pendidikannya berkat bantuan biaya dari keluarga dan para penduduk desa.

gambar ilustrasi

Setelah lulus pada 1998, dia memutuskan kembali ke tanah kelahirannya untuk menjadi seorang guru.
"Ketika saya melihat beberapa murid harus putus sekolah karena kekurangan harta, saya merasa tak nyaman. Tapi tak ada jalan lain pada saat itu karena pendapatan saya terbilang rendah," tukasnya.

Untuk membantu siswa yang kekurangan biaya tadi, ia lalu mulai 'mengoleksi' barang bekas di waktu senggangnya.

"Waktu terbaik untuk mengumpulkannya adalah ketika murid-murid membuang sampah setelah pagi, jam makan siang atau pada saat mereka pulang sekolah," tambahnya.

Dia juga berujar, teman dan keluarganya sering 'mengejek' tindakannya itu. "Rekan-rekan sering bercanda memanggil saya 'King of Waste' (Raja Sampah) dan istri juga sering mengeluhkan baju saya yang kotor. Walaupun begitu, mereka terus mendukung saya."

He mulai mendapat banyak perhatian sejak 'perjuangannya' diangkat oleh TV lokal pada 2009.
Departemen pendidikan setempat pun memutuskan untuk ikut memberi bantuan dana bagi para murid yang kekurangan biaya di sekolahnya. 

LANJUT BACA HALAMAN 2

Belum ada Komentar untuk "Guru ini Rela Jadi Pemulung Demi Membantu Muridnya"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel